Senin, 28 Juli 2008

DueL BuRGeR

My Virtual Voice

November 23, 2007

Duel antara McDonald’s dan Burger King

Filed under: ARTIKEL

Berbicara tentang McD (McDonald’s) dan BK (Burger King) pasti pikiran kita semua akan langsung tertuju pada restoran fast food(cepat saji) yang spesial dalam penyediaan produk hamburger. Lantas ada apa sebenarnya dengan mereka berdua??? benarkah saat ini keduanya sedang berada dalam hubungan yang tidak harmonis??? Kenapa tidak diekspos oleh media massa dan elektronik???..wah…berarti mereka bisa menyimpan rahasia dunk!!! (oooo…kalian gak ketauan!!!).

hamburger

Eiiiits…!!!jangan suudzon (negative thinking-beprasangka buruk) dulu, yang saya maksud duel di sini bukan duel dalam artian fisik dengan mengangkat senjata atau saling tembak-tembakan hamburger ke outlet masing-masing (kalau mau tembak-tembakan hamburger mending ke kosan saya aja!!! Menerima dengan tangan dan ember terbuka), yang saya maksudkan duel di sini adalah duel dalam aspek bisnis. Adapun tinjauan yang digunakan adalah berdasarkan sisi manajemen operasionalnya.

Alasan saya membahas hal ini adalah karena hari Kamis kemarin kelompok saya (Iis, Aulia, Allen dan Aldo) mendapatkan bagian untuk mempresentasikan studi kasus McD dan BK (merupakan presentasi perdana) untuk mata kuliah Operational Management, dengan suatu maksud agar apa yang sudah dibahas, dipresentasikan dan didiskusikan bisa berguna buat para searcher/googler makanya sengaja saya mengangkat topik ini dalam tulisan saya. Sebelum melakukan pemaparan singkat, tolong para pembaca sekalian melakukan autosetting dulu dengan menempatkan diri anda pada tahun 1980 di suatu tempat yang bernama Hillybourne (kampung mana niy ya??? Tenang aja pembaca saya juga belum pernah ke situ..nanti klo udah ke sana saya bagi-bagi cerita lagi deh).

Hillyborne merupakan sebuah kota dimana terdapat kampus ”New England College” dengan jumlah populasi kira-kira 30,000 (ingat ya!!!!ini tahun 1980….). Lokasi McD terletak kurang lebih 1.5 mil sebelah Utara dari pusat kota. McD terletak antara restoran KFC dan pangkalan gas dan berada di sepanjang pusat perbelanjaan. Perlu anda ketahui juga bahwa lokasi BK juga berdampingan dengan McD. Selanjutnya saya akan memaparkan tentang perbedaan mendasar antara McD dan BK.

Dilihat berdasarkan penawaran produk yang diberikan McD kepada customernya maka ia memberikan packet hamburger yang bersifat standard/uniform (Fixed Packet), sementara BK lebih bersifat customized packet. Fixed packet berarti packet yang ditawarkan oleh McD adalah packet yang sudah tidak bisa diubah-ubah lagi, sedangkan customized packet berati packet yang ditawarkan dapat lebih fleksibel (sesuai dengan keinginan konsumen), contohnya : ketika kita membeli hamburger di BK (misalnya packet Whooper) maka pembeli bisa menambahkan atau mengurangi packet yang telah ditawarkan tersebut (misalnya Whooper gak pake mentimun atau sayur-sayur yang lain) sementara di McD tidak demikian, di McD pembeli sudah menerima jadi packet yang telah disediakan oleh McD, ketika ingin melakukan penambahan atau pengurangan komponen pada packet yang telah disediakan maka itu sudah di luar kewajiban McD.

Dengan perbedaan inilah, maka mengakibatkan waktu yang dihabiskan untuk melayani satu customer berbeda juga, jika di McD untuk tiap customer menghabiskan waktu sekitar 2 menit 3 detik dan BK menghabiskan waktu kurang lebih 4 menit 5 detik (dari sini bisa dipahami bukan???dimana letak perbedaan operasionalnya).

Walaupun McD dan BK memiliki produk yang sama (Hamburger), namun bukanlah hal yang sama dalam hal pemberian layanan/service kepada customernya. Karena sifatnya yang fixed/standardized tersebut maka untuk food flow yang diterapkan McD berbeda dengan yang diterapkan oleh BK. Raw material (roti, sayuran, keju dan lain-lain) berasal dari supplier yang nantinya McD dan BK hanya tinggal melakukan assembly saja bahan-bahan mentah tadi (bahan-bahan mentah disimpan dalam Freezer,Refrigerator,Stock Room), namun demikian proses yang dilakukan oleh keduanya berbeda dalam perakitan bahan-bahan mentah tadi.

Bagimana dengan layanan drive thru antara keduanya???Kapasitas lahan parkir untuk McD lebih kecil jika dibandingkan dengan BK. Lahan parkir yang disediakan oleh BK untuk kapasitas mobil sebanyak 80-an buah dan bus sebanyak kurang lebih 8 buah, sedangkan McD hanya menampung mobil sebanyak kurang lebih 61 buah. Secara operasional kenapa hal ini dibedakan ??? apabila terjadi antrian di BK karena banyaknya pelanggan yang melakukan pemesanan via drive thru maka customer bisa dialokasikan ke lahan parkir yang telah disediakan sebelum packet yang dipesan selesai untuk diambil. Sedangkan di McD, karena mengutamakan kecepatan pengiriman order maka bisa diprediksi waktu yang harus dikeluarkan untuk melayani setiap mobil.

Bagaimana dengan peak dan off peak antara McD dan BK???, perlu diketahui bahwa peak merupakan jam sibuk dengan kuantitas order terbanyak, sedang off peak adalah waktu-waktu biasa di luar rush hour. Peak pada McD dan BK dicapai pada saat jam makan siang tiap harinya dan pada hari Jum’at dan Sabtu malam pada tiap minggunya. Karena McD menerapkan delivery speed dengan suatu product yang standardized maka ketika mengalami rush hour (= peak, red) McD tidak mengalami permasalahan yang cukup berarti. Sedangkan BK karena lebih mengandalkan kualitas burger yang ditawarkan dengan konsep customized maka pada konsdisi peak ini BK mengalami permasalahan dalam pemberian layanan kepada customernya.

Untuk strategi bisnis yang digunakan antara McD dan BK sedikit berbeda walaupun mungkin mereka berdua memilik nenek moyang hamburger yang sama. McD menggunakan strategis bisnis product immitator (meniru produk yang sudah ada sebelumnya tanpa ada pengembangan terhadap produk yang ditirunya itu) dan BK menggunakan product innovation (melakukan pengembangan dari produk yang sudah ada sesuai dengan perkembangan yang ada saat itu).

Jadi dapat disimpulkan bahwa pada dasarnya perbedaan output antara McD dan BK disebabkan oleh 2 hal, yaitu differsiasi proses dan differensiasi layanan. Output dalam hal ini bisa dilihat dari berbagai macam sisi, baik customer, tingkat keuntungan yang diperoleh, produktivitas dan lain-lain. Dalam hal ini output jika dilihat dari sisi market share-nya maka antara McD dan BK memiliki persentase yang cukup signifikan, McD memiliki market share sebesar 35 % dan BK sebesar 11%.

Tidak ada komentar: